Berita

08 Oktober 2021   08:39 WIB

Swab Test sebagai Asesmen Simulasi PTM

Swab Test sebagai Asesmen Simulasi PTM

Swab Test sebagai Asesmen Simulasi PTM

SMA Negeri 1 Semarang telah melaksanakan Simulasi Pembelajaran tatap Muka (PTM) sejak 27 September 2021 yang sebelumnya diawali dengan Sosialisasi Virtual kepada siswa dan orangtua/wali siswa pada tanggal 25 September 2021.

Simulasi PTM di SMA Negeri 1 Semarang diikuti oleh maksimal 108 siswa kelas 10 dengan 12 rombel masing-masing rombel maksimal 9 siswa terpilih. Pemilihan siswa peserta Simulasi PTM berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa dan orangtua/wali siswa dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain siswa telah vaksinasi, jarak rumah ke sekolah, moda transportasi, komorbiditas, dan persetujuan orangtua/wali. Pendampingan tetap dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, UPTD Puskesmas Pandanaran, Polsek Semarang Selatan, dan Koramil Semarang Selatan.

Simulasi PTM yang diikuti siswa dan guru di sekolah tetap menerapkan prokes 5M, sedangkan para siswa yang di rumah tetap melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara hybrid learning menggunakan LMS sidigdaya.com. Siswa dan guru melakukan presensi dan memberi laporan kepulangan secara online guna mempermudah tracing jika terjadi kasus. Seusai pelaksanaan Simulasi PTM, ruang kelas dilakukan penyemprotan desinfektan oleh petugas.

Pada hari Kamis 7 Oktober 2021 dilaksanakan asesmen berupa Swab Test Antigen oleh UPTD Puskesmas Pandanaran Semarang dengan sampel guru, karyawan, dan siswa. Swab test dilakukan pada 40 partisipan yaitu 14 guru, 2 karyawan, serta 24 siswa dan diperoleh hasil semua partisipan negatif Covid-19.
Dengan hasil swab test tersebut maka SMA Negeri 1 Semarang merencanakan kegiatan PTM Terbatas sebagai tahapan berikutnya dengan kuota maksimal 288 peserta.