Waka Kurikulum

Foto-0327

 

Dengan berkat rahmat Allah SWT dan disertai oleh keinginan untuk dapat melaksanakan seluruh kegiatan yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya, Alhamdulillah Program Kerja Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013ini dapat disusun, walaupun belum sempurna sesuai dengan yang diharapkan.

Program kerja wakil kepla sekolah ini memuat gambaran seluruh kegiatan bidang kurikulum dalam tahun pelajaraan 2012/2013. Dalam Penyusunan program kerja ini mempertimbangan potensi yang ada, seperti ; input peserta didik, sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana-prasarana pendukung. Program Kerja  di bidang kurikulum ini kami jabarkan ke dalam kegiatan bersifat harian, mingguan, bulanan, semester dan tahun ajaran secara terinci, sehingga berharap dapat mudah dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kami menyadari bahwa program ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan petunjuk dan bimbingan dari semua pihak yang terkait khususnya dari Bapak Kepala Sekolah.

Akhirnya kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian program ini kami sampaikan terimakasih.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufiq dan hidayah-Nya, serta meridhoi semua amal usaha kita. Amin.

Semarang,      Januari 2013

Penyusun,

 

Drs. M Adib Y, M.Pd

 

 

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Sekolah adalah merupakan suatu lembaga dimana berlangsungnya usaha sadar dari manusia dewasa dalam membentuk pertumbuhan sikap, mental, intelektual dan keterampilan peserta didik agar dapat menjadi manusia yang bertaqwa dan berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa. Dalam pelaksanaan seluruh kegiatan di sekolah tidak terlepas dari berbagai persoalan mendasar yang menuntut analisa tajam dan komprehensif. Beberapa persoalan yang mendasari akselerasi di bidang pendidikan antara lain :

Tuntutan mutu pendidikan dalam era global.

Implikasi pelaksanaan otonomi daerah, khususnya di bidang pendidikan.

Implikasi pasar terbuka terhadap mutu pendidikan nasional.

Tuntutan mutu SDM Indonesia

Tuntutan peningkatan mutu pendidikan nasional

Rendahnya kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan

Pendidikan yang bermutu memerlukan pendidik, khususnya guru, dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional dan sejahtera.

Profesi guru yang terpuruk merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan nasional

Agar semua potensi yang ada di sekolah dapat dikelola dengan efektif dan efisien guna menjawab persoalan yang muncul dan mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dalam GBHN, maka perlu disusun program kerja yang sistematis dan terrencana oleh semua komponen yang terlibat di dalamnya, termasuk wakil kepala sekolah.

2. Dasar

2.1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sisdiknas.

2.2. PP Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Atas.

2.4. Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Semarang tentang Penunjukan guru sebagai wakil kepala sekolah.

3. Visi dan Misi

3.1. Visi

“ SANTUN DALAM PERILAKU, PRIMA DALAM PRESTASI ”.

3.2. Misi

1.        Menanamkan nilai iman dan taqwa dengan mengoptimalkan peran pendidikan agama secara intrakulikuler dan ekstrakulikuler.

2.       Berupaya meningkatkan prestasi belajar dengan menggali dan mengembangkan potensi siswa

3.       Menumbuhkan rasa kebanggaan pada sekolah sehingga seluruh warga sekolah termotivasi untuk berperestasi.

4.       Menciptakan suasana sekolah yang kondusif sehingga proses pendidikan berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan

5.       Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah, Komite sekolah dan Masyarakat.

6.       Meningkatkan profesionalitas, kepedulian dan tanggung jawab guru sebagai subyek utama dalam membimbing, mendidik dan mengajar.

 

4. Tujuan

4.1. Sebagai pedoman wakasek dalam melaksanakan kegiatan sehingga pengelolaan sekolah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan terarah.

4.2. Sebagai bahan evaluasi bagi wakasek dalam menyampaikan progress report (laporan kemajuan).

5.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup dan penyusunan program kerja ini meliputi program kerja bidang kurikulum.

6.  Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan ( ANALISIS SWOT )

6.1. Kekuatan

6.1.1. Dukungan dan partisipasi masyarakat untuk mendukung program sekolah cukup baik.

6.2. Kelemahan

Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan dalam menjalankan program yang telah direncanakan, masih terdapat beberapa kelemahan antara lain :

6.2.1.   Belum tersedianya sarana-prasarana belajar yang cukup memadai.

6.2.2.  Belum optimalnya kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan profesional.

 

6.3. Peluang

6.3.1. Jumlah siswa lulusan SMP dan MTs di wilayah Kecamatan Kediri dan sekitarnya yang sangat besar untuk dijadikan sebagai sumber

murid.

6.3.2. Minat masyarakat untuk memasukkan putra/putrinya di SMA Negeri 1 Semarang bisa dikatakan cukup, hal ini dibuktikan dengan

data pendaftar calon siswa baru meningkat dari tahun sebelumnya.

6.4. Tantangan

6.4.1. Nilai Ujian Nasional siswa yang masuk ke SMA Negeri 1 Semarang masih relatif  rendah, sehingga membutuhkan pelaksanaan

proses dan strategi tepat untuk mencapai ”out-put” yang diharapkan.

6.4.2. KBM dilaksanakan pagi dan sore, sehingga waktu belajar yang tersedia relatig kurang (tidak sesuai dengan standar struktur

kurikulum yang diberlakukan).

PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM

1. Kegiatan Awal Tahun Pelajaran

1.1. Menyusun kalender pendidikan

1.2. Membuat perencanaan kebutuhan tenaga sekolah

1.3. Menyusun pembagian tugas guru

1.4. Membuat perencanaan dan pengaturan kelas

1.5. Melaksanakan pengkajian kurikulum

1.6. Melaksanakan pengadaan dan pendistribusian perangkat kutikulum

1.7. Menyusun jadwal pelajaran

1.8. Menyusun jadwal piket guru dan guru pengganti mata pelajaran

2. Kegiatan Pada Tahun Pelajaran 2012/2013

Dalam rangka pelaksanaan tugas sehari-hari, wakil kepala sekolah urusan kurikulum

telah menyusun program antara lain :

2.1. Kegiatan harian

2.1.1. Mengontrol kegiatan proses belajar mengajar

2.1.2. Mengatasi hambatan terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar

2.1.3. Memonitor pelaksanaan tugas guru piket dan guru pengganti

2.2. Kegiatan mingguan

2.2.1. Mendata keberadaan jam kosong.

2.2.2. Mengadakan rapat singkat mingguan untuk mengevaluasi jalannya PBM dan lain-

lain.

2.2.3. Mengontrol keadaan alat bantu dan media pembelajaran

2.3. Kegiatan bulanan

2.3.1. Melaksanakan rapat bersama wali kelas dan BK

2.3.2. Melaksanakan pemeriksaan buku program kerja guru

2.3.3. Merekap dan melaporkan frekwensi keberadaan jam kosong

2.4. Kegiatan Tengah semester

Kegiatan-kegiatan yang dilaksnakan menghadapi semester ganjil ataupun tengah semester genap tahun pelajaran 2012/2013.

2.4.1. Persiapan tangah semester

1) Informasi rencanapelaksanaan ulangan tengah semester (sesuai kalender pendidikan)

2) Kisi-kisi soal

3) Pembentukan panitia ulangan tengah semester

4) Pengumpulan soal ulangan tengah semester

5) Pengetikan dan penggandaan soal

6) Penyusunan jadwal ulangan tengah semester

7) Pengelompokan soal berdasarkan jadwal ulangan tengah semester

8) Kartu peserta ulangan

9) Pengatuan ruang dan nomor

10) Jadwal pengawas

11) Persiapan leger (leger nilai)

12) Raport sementara / LHBS

2.5. Kegiatan Semester

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mengahadapi semester ganjil ataupun semester genap tahun pelajaran 2012/2013.

2.5.1. Persiapan semester

2.5.2. Informasi rencana pelaksanaan ulangan umum semester (sesuai kalender pendidikan)

1) Kisi-kisi soal

2) Pembentukan panitia ulangan umum semester

3) Pengumpulan soal ulangan semester dari guru

4) Pengetikan dan pengadaan soal

5) Jadwal ulangan umum semester

6) Pengelompokan soal berdasarkan jadwal ulangan semester

7) Kartu peserta ulangan umum semester

8) Pengaturan ruang dan nomor

9) Jadwal pengawas

10) Persiapan leger

2.5.3. Pelaksanaan Ulangan

1) Memonitor pelaksanaan ulangan

2) Mengontrol kehadiran pengawas

3) Mengatasi hambatan-hambatan terhadap keberlangsungan ulangan

2.5.4. Akhir Semester

1) Ulangan perbaikan

2) Mengumpulkan nilai dari masing-masing guru mata pelajaran

3) Pengisian leger oleh wali kelas

4) Pengisian raport

5) Pembagian raport/LHBS

2.6.  Pemantapan materi US/UN Kelas XII dan Uji Coba

2.6.1. Pembentukan Tim Peningkatan Mutu yang dikoordinir oleh Satgas Kurikulum dan menyusun program Peningkatan mutu (terlampir)

2.6.2. Pemantapan materi kelas XII berkoordinasi dengan satgas kurikulum

2.6.3. Pelaksanaan uji coba direncanakan minimal 6 kali

2.7.  Kegiatan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

2.7.1. Persiapan awal dan pendataan peserta

2.7.2. Pembentukan panitia

2.7.3. Pembuatan format-format

2.7.4. Pelaksanaan ujian utama dan susulan

2.7.5. Penulisan dan Pembagian ijazah

2.8.  Kegiatan Akhir Tahun

Pada setiap akhir tahun pelajaran dilakukan kegiatan sebagai berikut :

2.8.1. Rapat wali kelas untuk membahas siswa bermasalah

2.8.2. Rapat dewa guru untuk penetapan kenaikan kelas, evaluasi program dan

penyusunan pembagian tugas mengajar

2.8.3. Pembagian raport / LHBS

2.8.4. Menyiapkan laporan akhir tahun

PENUTUP

Kesimpulan

  1.  Program kerja harus dimiliki oleh setiap komponen yang terlibat dalam pengelolaan

sekolah sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

  1. Program kerja wakil kepala sekolah dapat memberikan tuntunan dan arahan bagi wakasek dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.
  2. Program kerja wakil kepala sekolah memberikan motivasi bagi wakasek untuk dapat bekerja efektif dan efisien.
TOP

A wonderful serenity has taken possession of my entire soul, like these sweet mornings of spring which I enjoy with my whole heart. I am alone, and feel the charm of existence in this spot, which was created for the bliss of souls like mine.

I am so happy, my dear friend, so absorbed in the exquisite sense of mere tranquil existence, that I neglect my talents. I should be incapable of drawing a single stroke at the present moment; and yet I feel that I never was a greater artist than now.

When, while the lovely valley teems with vapour around me, and the meridian sun strikes the upper surface of the impenetrable foliage of my trees, and but a few stray gleams steal into the inner sanctuary, I throw myself down among the tall grass by the trickling stream; and, as I lie close to the earth, a thousand unknown plants are noticed by me: when I hear the buzz of the little world among the stalks, and grow familiar with the countless indescribable forms of the insects and flies, then I feel the presence of the Almighty, who formed us in his own image.

Duis dictum tristique lacus, id placerat dolor lobortis sed. In nulla lorem, accumsan sed mollis eu, dapibus non sapien. Curabitur eu adipiscing ipsum. Mauris ut dui turpis, vel iaculis est. Morbi molestie fermentum sem quis ultricies. Mauris ac lacinia sapien. Fusce ut enim libero, vitae venenatis arcu. Cras viverra, libero a fringilla gravida, dolor enim cursus turpis, id sodales sem justo sit amet lectus. Fusce ut arcu eu metus lacinia commodo. Proin cursus ornare turpis, et faucibus ipsum egestas ut. Maecenas aliquam suscipit ante non consectetur. Etiam quis metus a dolor vehicula scelerisque.

Nam elementum consequat bibendum. Suspendisse id semper odio. Sed nec leo vel ligula cursus aliquet a nec nulla. Sed eu nulla quam. Etiam quis est ut sapien volutpat vulputate. Cras in purus quis sapien aliquam viverra et volutpat ligula. Vestibulum condimentum ultricies pharetra. Etiam dapibus cursus ligula quis iaculis. Mauris pellentesque dui quis mi fermentum elementum sodales libero consequat. Duis eu elit et dui varius bibendum. Sed interdum nisl in ante sollicitudin id facilisis tortor ullamcorper. Etiam scelerisque leo vel elit venenatis nec condimentum ipsum molestie. In hac habitasse platea dictumst. Sed quis nulla et nibh aliquam cursus vitae quis enim. Maecenas eget risus turpis.